Skip to main content

MEKANISME PENGOLAHAN DATA PADA PRODUK MULTIMEDIA INTERAKTIF

 

MEKANISME PENGOLAHAN DATA PADA PRODUK MULTIMEDIA INTERAKTIF

√ Multimedia Pembelajaran: Pengertian, Jenis, Komponen, dan Contohnya

A. JELASKAN MEKANISME PENGOLAHAN DATA PADA PRODUK MULTIMEDIA INTERAKTIF

    Pengolahan data terdiri dari tiga langkah utama, yaitu input, proses (pengolahan), dan output. Pengolahan data pada media interaktif yang dibuat dengan menggunakan Adobe Flash, dapat dilakukan dengan menggunakan input text, dynamic text, dan lain sebagainya.  

B. JELASKAN CARA MENGOLAH DATA PADA PRODUK MULTIMEDIA INTERAKTIF

    Jika produk media interaktif berupa media yang akan menampilkan data form, maka mekanisme pengolahan datanya yaitu pengguna akan diminta untuk menginputkan data. Setelah data berhasil terinput, Adobe Flash akan melakukan pengolahan data dengan menggunakan ActionScript pada saat data tersebut akan ditampilkan. Output yang dihasilkan pada media interaktif ini yaitu berupa data sesuai yang telah diinputkan sebelumnya.

    Sementara apabila produk media interaktif berupa game atau media interaktif evaluasi / kuis, mekanisme pengolahan datanya yaitu pengguna akan diminta untuk memasukkan inputan berupa jawaban yang diminta oleh produk media interaktif.

C. JELASKAN MEKANISME PENGOLAHAN DATA DENGAN INPUT TEXT DAN DYNAMIC TEXT

1. INPUT TEXT

 merupakan text yang digunakan untuk meminta suatu masukan atau input dari user. Text ini dapat digunakan sebagai sarana untuk memasukkan isi variabel dalam ActionScript. Untuk membuat input text pada Adobe Flash, perhatikan langkah - langkah berikut :

1) Buka Adobe Flash kemudian pilih ActionScript 3.0

2) Pilih text tool kemudian buka panel properties. Pilihlah input text pada option text type, kemudian atur bentuk, ukuran, dan warna pada panel properties tersebut.

3) Buatlah text area dengan cara klik dan drag pada stage.

4) Masukkan instance name input text pada properties dengan nama "teks_masukan" dan aktifkan tombol show border around text.

5) Buat text area dengan menggunakan dynamic text. Text area ini nantinya digunakan untuk menampilkan teks yang tadi telah diinputkan. Masukkan instance name dynamoc text dengan nama "teks_tampilkan".

6) Buat layer baru untuk meletakkan tombol. Buat tombol navigasi "OK" dan letakkan di bawah text area dynamic text.

7) Berikan ActionScript berikut pada layer 2 atau yang berisi tombol untuk menampilkan teks yang telah diinputkan.

stop ( ) ;

var myText : String ;

function  captureText ( 0 : void {

        myText = teks_masukan . text ;

}

btn_ok . addEventListener (MouseEvent. CLICK, tampilkan) ;

function tampilkan (myNextEvent : MouseEvent) : void {

            captureText ( ) ;

            tekx_tampilkan . text = "Selamat Datang, "+myText +" : ) " ;

}

8) Ujilah dengan melakukan tes movie. masikkan namamu ke dalam input text dan tekan OK.

2. DYNAMIC TEXT

 memiliki sifat yang berubah - ubah sesuai dengan perintah yang diberikan pada ActionScript. Dynamic text biasanya digunakan untuk menampilkan suatu variabel. Pengolahan data sudah mulai terjadi pada proses ini. Contohnya digunakan pada aplikasi kalkulator pada bagian perhitungan. Untuk membuat dynamic text pada Adobe Flash, perhatikan langkah - langkah berikut :
1) Buka Adobe Flash pada PC kemudian pilih ActionScript 3.0

2) Pilih text tool kemudian buka panel properties. Pilihlah dynamic text pada option text type dan atur bentuk, ukuran, dan warna huruf pada properties.

3) Buatlah text area dengan cara klik dan drag pada stage.

4) Masukkan instance name dynamic text pada properties dengan nama "tampil_text".

5) Jika sudah, masukkan ActionScript berikut untuk menampilkan text.

tampil_teks . text="Hello , flash";

6) Ujilah dengan melakukan test movie.

D. JELASKAN APA YANG DIMAKSUD DENGAN ACTION SCRIPT, APA SAJA YANG DI BUTUHKAN UNTUK PENGOLAHAN DATA DAN BERILAH CONTOHNYA

ActionScript adalah bahasa pemrograman yang dibuat berdasarkan ECMAScript, yang digunakan dalam pengembangan situs web dan perangkat lunak menggunakan platform Adobe Flash Player. ActionScript juga dipakai pada beberapa aplikasi basis data, seperti Alpha Five. Bahasa ini awalnya dikembangkan oleh Macromedia, tetapi kini sudah dimiliki dan dilanjutkan perkembangannya oleh Adobe, yang membeli Macromedia pada tahun 2005.

Action Script terbaru saat ini adalah Action Script 3.0. Action Script 3.0 adalah bahasa terbaru dari edisi yang sebelumnya dikenal dengan Action Script 2.0. Action Script 3.0 memiliki beberapa kelebihan dibanding pendahulunya, antara lain fitur yang ditawarkan adalah file pada Action Script 3.0 dapat dibuat terpisah saat runtime.

sumber : 
https://id.wikipedia.org/wiki/ActionScript
http://materimultimedia.simplesite.com/

Comments

  1. INDUSTRIAL SOCIETY AND ITS FUTURE

    Introduction

    1. The Industrial Revolution and its consequences have been a disaster for the human race. They have greatly increased the life-expectancy of those of us who live in "advanced" countries, but they have destabilized society, have made life unfulfilling, have subjected human beings to indignities, have led to widespread psychological suffering (in the Third World to physical suffering as well) and have inflicted severe damage on the natural world. The continued development of technology will worsen the situation. It will certainly subject human beings to greater indignities and inflict greater damage on the natural world, it will probably lead to greater social disruption and psychological suffering, and it may lead to increased physical suffering even in "advanced" countries.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Konsep Pembuatan Toko Online